filter: alpha(opacity=100); -moz-opacity: 1.0; opacity: 0.6; -khtml-opacity: 0.0; #outer-wrapper{ width:980px; margin:0 auto; padding:5px; background:#f2f2f2; filter: alpha(opacity=100); -moz-opacity: 1.0; opacity: 0.6; -khtml-opacity: 0.0; border:1px solid $bordercolor; text-align:$startSide; font:$bodyfont } #outer-wrapper{ width:980px; margin:0 auto; padding:5px; background:#f2f2f2; filter: alpha(opacity=100); -moz-opacity: 1.0; opacity: 0.6; -khtml-opacity: 0.0; border:1px solid $bordercolor; text-align:$startSide; font:$bodyfont }

Jumat, 17 Mei 2013

ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDK BOKIS KECAMATAN INSANA KABUPATEN TTU TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013



BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Pendidikan pada umumnya dipandang sebagai faktor utama dalam pembangunan bahkan sebagai kunci keberhasilan pembangunan. Pembangunan Bangsa Indonesia dewasa saat ini sangat ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusia sebagai sasaran dan pelaku pembanguanan itu sendiri.
Pendidikan bagian dari aspek kehidupan, maka terjadilah pengukuran dan penilaian, pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama (Marimba, 1962: 19 dalam http://nadiachya.blogspot.com). Pendidikan juga merupakan usaha meningkatkan diri dalam segala aspeknya, yang mencakup kegiatan pendidikan yang melibatkan guru (pendidik), pendidikan formal maupun non formal serta informal.

“Keberhasilan pendidikan formal akan ditentukan oleh pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yakni keterpaduan antara kegiatan para guru dengan peserta didik, sehingga proses belajar mengajar tidak dapat terlepas dari keseluruhan sistem pendidikan” (Soedjono dalam dalam http://nadiachya.blogspot.com).
Di dalam kegiatan pembelajaran, seorang siswa atau peserta didik perlu dan semestinya harus benar-benar memiliki kemampuan dalam menyerap materi yang diberikan oleh guru karena hal ini akan mempengaruhi prestasi yang dimiliki khususnya dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang tepat dan benar.
Bahasa Indonesia adalah alat komunikasi yang digunakan manusia dengan sesama anggota masyarakat lain sebagai pemakai bahasa itu sendiri. Di dalam bahasa berisi gagasan, ide, pikiran, keinginan yang ada pada diri si pembicara agar apa yang dipikirkan, diinginkan atau dirasakannya dapat diterima oleh pendengar atau orang yang diajak bicara, hendaklah bahasa yang digunakan dapat mendukung maksud, atau pikiran dan perasaan secara jelas.
Setiap gagasan, pikiran atau konsep yang dimiliki seseorang pada praktiknya dituangkan ke dalam bentuk kalimat. Kalimat yang benar harus memenuhi persyaratan gramatikal artinya kalimat itu harus disusun berdasarkan kaidah-kaidah yang berlaku seperti unsur-unsur yang harus dimiliki setiap kalimat (subyek dan predikat), memperhatikan ejaan yang disempurnakan, serta cara memilih kata yang tepat dalam kalimat. Kalimat yang memenuhi kaidah-kaidah tersebut jelas akan mudah dipahami oleh pembicara atau pendengar. Kalimat yang demikian disebut kalimat efektif.
Dalam hubungannya dengan uraian di atas, maka sebelum melakukan penelitian, peneliti menemukan bahwa masih terdapat beberapa siswa yang belum paham dan mengerti dalam membuat kalimat efektif secara benar sehingga dalam hal ini menurut peneliti membuat suatu kajian ilmiah yang dibingkai dalam judul “Analisis Kesalahan Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Sdk Bokis Tahun Pelajaran 2013”.

1.2         Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan kalimat efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDK Bokis?

1.3         Tujuan Penelitian
Sebagaimana uaraian masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan kalimat efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDK Bokis Tahun Pelajaran 2012/2013.

1.4         Manfaat Penelitian
1.4.1   Manfaat Teoretis
Secara teoretis hasil penelitian ini lebih bermanfaat untuk lebih meningkatkan daya ingat siswa serta dapat menambah pemahaman siswa maupun guru untuk lebih dalam memperdalam kalimat efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia



1.4.2   Manfaat Praktis
Secara praktis penelitian ini bermanfaat :
1)   Bagi Guru, Bahasa Indonesia sebagai masukan untuk memperbaiki pola pembelajaran khususnya kalimat efektif.
2)   Bagi siswa, diharapkan hasil penelitian ini sebagai motivasi dalam meningkatkan kemampuan intelektual dalam menggunakan kalimat efektif.
3)   Bagi peneliti, hasil penelitian ini diharapkan sebgai motivasi dalam meningkatkan kualitas belajar.
4)   Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan dan referensi.

1.5         Defenisi Operasional
Agar tidak menimbulkan kesalah pahaman, peneliti perlu menguraikan beberapa istilah yang berkaitan dengan judul penelitian ini yakni:
1.5.1        Kesalahan
Menurut Van Hamel (dalam www.scibd.com/doc/11663871/
Apakah-Yang-Dimaksud-Dengan-Kesalahan) Kesalahan adalah pencelaan yang ditunjukan oleh masyarakat yang menerapkan standar etis yang berlaku pada waktu tertentuterhadap manusia yang melakukan perilaku menyimpang yang sebenarnya dapat dihindari.
Menurut Dr. Bambang Widodo Umar (dalam www.scibd.com/doc/11663871/Apakah-Yang-Dimaksud-Dengan- Kesalahan) Kesalahan adalah sesuatu yang tidak betul atau tidak benar.
1.5.2        Penggunaan
Penggunaan adalah nomina yang berarti proses; perbuatan; cara menggunakan sesuatu; pemakaian, KBBI (www.artikata.com/arti-364697-penggunaan. html)
Penggunaan adalah suatu pekerjaan yang memberi pengaruh yang mendapatkan perubahan, www.artikata.com/arti-364697-penggunaan. html.
Penggunaan adalah proses, cara, perbuatan menggunakan sesuatu atau pemakaian, www.artikata.com/arti-364697-penggunaan.html.
1.5.3        Kalimat
Kalimat adalah satu bagian ujaran yang didahului kessenyapan sedangkan intonasinya menunjukkan bahwa bagian ujaran itu sudah lengkap.  Pendapat senada juga dikemukakan oleh Nazir, 1986: 335 (dalam http://nadiachya.blogspot.com /2011/10/makalah-bahasa-indonesia-kalimat.html) kalimat adalah bentuk linguistik yang terdiri atas satu kata atau lebih yang ditandai oleh lagu akhir selesai baik yang menurun maupun menaik, Keraf (dalam http://nadiachya.blogspot.com /2011/10/makalah-bahasa-indonesia-kalimat.html)
1.5.4        Kalimat efektif
Kalimat efektif dipahami sebagai kalimat yang dapat menyampaikan informasi dan informasi tersebut mudah dipahami oleh pembaca. Nasucha, Rohmadi, dan Wahyudi dalam http://zaenal-zaeblogs.blogspot.com/2012/04/pengertian-kalimat-efektif.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar